Update Gingerbread untuk Galaxy 5

Friday, March 16, 2012

Update Gingerbread untuk Galaxy 5


Okay.. Wait... Galaxy 5 apa kabaaaar? baik baik aja kan? hahaha... jangan sedih gitu dong G5-ers. Masih setia dengan G5 kan? jangan upgrade dulu deh ke Android yang lebih mahal. Masih banyak developer yang mau bikin custom rom untuk G5 kita. Bahkan kemaren waktu mampir di forum udah ada yang nge-custom G5 jadi Ice Cream Sandwich (ICS), tapi masih belum sempurna. Kemaren udah bikin UI (User Interface) nya,tapi masih belum bisa nelpon dan ngapa2in :)) Mari kita bersabar G5-ers. Masih banyak kok yang bisa dilakukan sama si 5. Jadi nge Upgrade ke galaxy yang lebih canggih/mahalnya ntar aja. Tunggu rusak aja #eh.
Seperti yang udah kita tau, Samsung nge-stop pengeluaran OFW dari gingerbread ke atas untuk Galaxy 5. Berikut ini adalah tutorial yang pengen G5nya jadi Gingerbread Cyanogenmod 7.2.0-RC0 v1.8 . Menurut gue, Custom Firmware (CFW) ini udah lumayan sempurna, karena kemaren sebelumnya ada temen yang upgrade ke ginger tapi masih ga bisa nyalain radio, WiFi nya ga detect, Kompas ngawur, dan lain-lain. Tapi untuk CFW yang ini semuanya udah teratasi kok. se-nggaknya, fitur-fitur dasar udah bisa dinikmati.

*Lakukan Semua ini dengan menanggung resiko masing-masing, gue ga bertanggung jawab apa-apa kalau hape lo jadi batu bata (brick)*
 
1. Download dulu drivernya, soalnya kadang-kadang karena udah lama, HP nya jadi ga mau detect lagi jadi USB Mass Storage. download disini
 
2. Download Semua Software2nya. Semua udah gue kelompokkan dalam satu folder biar ga bingung. tinggal download package-package dibawah ini :

-  Odin Multi Downloader, OPS File, sama ClockworkMod-Galaxy5-v0.7 (CFW) disini
- galaxy5-v1.8-hotfix1, gapps-gb-20110828-signed, dan update-cm-7.2.0-RC0-galaxy5-v1.8-MADTEAM-signed disini
2. Setelah semua files selesai didownload, selanjutnya ekstrak file Masukkan Kedalam SD Card.rar dan odin v4.28, Custom Rom and ops file.rar. File dalam folder Masukkan Kedalam SD Card, dimasukkan kedalam SD Card di luar (root) agar mudah aksesnya. Selanjutnya buka Folder odin v4.28, Custom Rom and ops file.

3. Pastikan lo udah nginstall driver perangkat Samsung Galaxy 5 dan back up semua file-file penting,trus  sambungin  Galaxy 5 ke PC/Laptop menggunakan  kabel USB. Setelah itu buka aplikasi Odin Multi Downloader v4.28,  pada menu Odin  pengaturannya seperti berikut :

Pada bagian select OPS,  pilih file EUROPA_I5508_v1.0.ops hasil download sebelumnya.
Pada bagian select Integrate Package-Check One Package Options, pilih file ClockworkMod-Galaxy5-v0.7.tar.

4. Matikan HPnya, hidupkan lagi dengan masuk ke mode recovery dengan menekan tombol Volume Down + Home + Power dilakukan secara bersamaan. Nantinya akan muncul  pemberitahuan Downloading... pada layar Galaxy 5, ini artinya HPnya aktif pada mode recovery bawaan Android. Kembali ke Odin untuk memulai proses upgrade ROM dan klik Start. Setelah melewati layar Downloading gunakan tombol Home untuk memilih pilihan yang tersedia.

5.  Pada mode recovey, pilihlah wipe data/factory reset,  ini berarti semua data akan dihapus. Selanjutnya pilih install update from sdcard>choose zip from sdcard> update-cm-7.2.0-RC0-galaxy5-v1.8-MADTEAM-signed.zip>Yes. Tunggu hingga muncul pesan Installation Complete. Kemudian lanjutkan dengan menginstall Hotix, pilih install update from sdcard>choose zip from sdcard >galaxy5-v1.8-hotfix1.zip>Yes. Tunggu hingga muncul pesan Installation Complete. Langkah terakhir adalah menginstall Google Apps Version CyanogenMod 7, pilih install update from sdcard>choose zip from sdcard >gapps-gb-20110828-signed.zip.Yes. Tunggu hingga proses installasi complete dan pilih reboot now. Dan Yippie!!! Ginger Bread ala Galaxy 5 udah jadi!!!!!!!

Ini Screen Shot dari HP Gue :




Oiya, dengan CFW ini bisa juga nge Overclock ampe 768 Mhz dengan Clock minimum 122 Mhz.

Tanggapan :

0 komen :

Post a Comment