Memperbaiki Dot/Hot Pixel pada Camera Canon 550D

Monday, January 9, 2012

Memperbaiki Dot/Hot Pixel pada Camera Canon 550D


Beberapa waktu lalu, gw sempat shock gara2 nemuin titik putih di bibir gue.... errr.... maksudnya di foto gue...
setelah gue zoom berkali-kali dengan kamera, eh itu ternyata bintiknya jelas banget. ga asik banget sumpah kalau mau di cetak gede fotonya ntar.
Parahnya, setelah gue cek lagi kesemua foto, titik kecil itu ada di semua foto dengan posisi yang sama. Gue sempat mikir sensor gue kenapa2 nih kayanya. Cara ngecek apakah dot pixel ada di tempat yang sama adalah dengan memperbesar foto dengan kamera, lalu geser dengan putaran rana kamera (foto akan berganti dengan pembesaran yang sama).
Contoh gambar adalah seperti berikut (Dot pixel nya yang gue lingkarin merah) :
Sempat berpikir untuk mau ke DataScript (Service Center untuk Canon, selanjutnya akan di sebut DS aja), tapi walaupun masih garansi, biasanya ongkos kirimnya juga bayar... -___-
Lanjut, dari beberapa artikel yang saya baca, Cara pertamanya adalah dengan mengaktifkan C.FN II pada setting (Noise Reduction).
Sejujurnya, cara ini bener-bener ga ngefek buat kamera gue. Cara selanjutnya yang paling ampuh adalah (RESIKO TANGGUNG SENDIRI, GUE GA TANGGUNG JAWAB KALAU TERJADI APA APA) :
  1. Tutup lensa kamera dengan Lens Cover.
  2. Masuk ke "Menu" --> Pilih Tab warna "Kuning" --> Pilih "Sensor Cleaning" --> Pilih "Clean Manually"
  3. Kalau ga salah, nanti dia minta menaikkan Mirror untuk pembersihan manual, klik OK, nanti akan terdengar bunyi klik dari mirror. JANGAN DIMATIKAN DULU
  4. Diamkan hingga sekitar satu menit dalam posisi ini. Setelah itu matikan. Dan akan terdengar bunyi mirror akan mengembalikan posisi seperti semula.
  5. Dan Coba Jepret, Zoom, dan perhatikan di titik dot pixel sebelumnya, dot pixel akan hilang.
Kalau dot pixel masih ada, Jalan satu-satunya adalah dengan membawanya ke DS.Dan mohon maap postingan ini tidak membantu.
Dari beberapa sumber, Dot pixel dapat terjadi karena suhu dan pemakaian ISO yang tinggi berkepanjangan. Selain itu, seringnya memakai fitur Live View dan Membuat kamera untuk merekam video juga memberi beban kinerja Sensor menjadi berat dan cepat panas.
Peliharalah barang anda, kamera bukanlah barang murah dengan harga 1 atau 2 juta. Pergunakan sebagaimana mestinya, Kamera hanya untuk memotret, kalau mau bikin film, beli aja handycam. :)
Tanggapan :

6 comments :

  1. wookhhh ,,,, membantu bangettt saya coba cara C.FN II pada setting (Noise Reduction). hot pixel berkurang. bos... thanks infonya

    ReplyDelete
  2. thanks gan, sangat membantu :) hot pixel saya udah ilang :)

    ReplyDelete
  3. Thanks gan info nya membantu sekali, alhamdulillah skrg hot pixel nya udah menghilang.. :)

    ReplyDelete
  4. Ini tutorial lama ternyata masi ada yang nyasar.... makasih semuanya

    ReplyDelete