Solusi untuk UMD Autostart Error (Sering muncul pemberitahuan untuk ke Home saat main game)

Sunday, December 18, 2011

Solusi untuk UMD Autostart Error (Sering muncul pemberitahuan untuk ke Home saat main game)


Umumnya PSP 2000 akan mengalami kerusakan pada bagian UMD nyasetelah 2 tahun-an. Walaupun jarang dipake, Tapi fitur UMD cache dan UMD autostart yang lalai di off mode kan MUNGKIN yang menjadi penyebab kerusakan ini.
Gue menamakan kerusakan ini dengan UMD Autostart error. soalnya penyebab utamanya adalah UMD reader di PSP udah error, sehingga pembacaan UMD pada saat start-up tidak berjalan lancar.
Gejala dari penyakit abadi PSP 2000 ini adalah sebagai berikut :
  1. Ketika main game, sering muncul pemberitahuan ingin Exit game atau tidak. Seperti saat kita menekan tombol HOME.
  2. Waktu startup (jailbreak),menu XMB akan lamaaaaaa sekali muncul.
  3. Sering muncul gambar UMD loading (gambarnya  bulatan kecil tenggelam di kanan bawah, sama seperti gambar loading ketika nge-load page browser waktu internetan.) dan itu lamaaaaaaaaaaaaaaa banget.
  4. Setelah itu muncul the disc cannot be read ---> atau semacam itu.
Ada beberapa solusi untuk menyelesaikan masalah ini. diantaranya :
  1. Waktu (dan selama) main game, lo kudu buka tray UMD nya atau di ganjel. yang penting jangan ampe nutup rapat. hanya saja, kenyamanan bermain game pasti berkurang drastis.
  2. Install plugin NOUMD.prx, (cari tutorialnya di google. maap saya ga bisa ngasih :D) namun, setelah baca sana sini, emang awalnya berkurang frekuensi muncul tombol home nya. tapi lama kelamaan bakal balik lagi.
  3. Cara yang paling ampuh dan paling sederhana dan paling menawan... Kikir traynya!! Udah lah. gue yakin, pada masa-masa PSP lo rusak karena ini, pasti garansi udah abis. Jangan berpikir untuk sayang barang dengan mengorbankan kenyamanan gaming. Lagipula, Jailbreak/ChickHen/CFW ada untuk meninggalkan UMD kan ? hahahaha..oke tutorialnya sebagai berikut.

Perhatikan gambar di bawah ini :






Liat ga tonjolan ga wajar di sisi kanan tray yang gue kasi lingkaran merah (Jika PSP dilihat dari atas). Tonjolan ini berguna untuk mendorong knop eksekusi Optik. Sebenarnya, PSP memerlukan dua knop untuk mengeksekusi Optik UMD, hanya saja, kita cuma butuh menggagalkan satu dari kedua eksekutor ini (Desc : knop yang lain ada di tengah-tengah tray yang menonjol warna abu-abu dan bisa di tekan :p).
Oke, terus apa yang harus dilakukan? ya! Kikir! atau amplas! atau POTONG!






ga usah khawatir. Kalopun kepepet suatu saat harus maen pake UMD, tu knop bisa di ganjel pake apaaaa gitu..... :))
Kikir kalo bisa ampe rata ama permukaan yang lain. tapi nonjol dikit juga gapapa. sambil diliat aja di menu. Masih ada ga tu buletan2 tenggelem di kanan bawah? kalo masih ada, ya kikir terus ampe ilang. :))
Berikut gambar yang udah dikikir....



Sekian tutorial nya. Maaf kalau rada ekstrim. Yang penting solutif :))
Tanggapan :

2 comments :