-->

WELCOME...

I AM

image
Hello,

I'm Zulfariansyah

5 Tahun bekerja di perbankan sebagai asisten IT. Saat ini sebagai seorang Suami dan Papa penuh waktu, Dosen Tetap Universitas Nahdlatul Ulama Kaltim, Bekerja di Perusahaan Konsultan PT. Humanindo-Tech. Serta masih aktif sebagai Trainer, Web/Application Developer, Music Arranger, dan Produksi Produk Multimedia.

Menulis adalah hobi untuk mengabadikan momen lewat kata-kata. Tulisannya pernah menjadi runner up di Kompetisi Blog Bank Indonesia tahun 2019. Masih terus belajar apapun. Sampai kapanpun.


Education
Universitas Islam Indonesia

Bachelor of Informatics Engineering

Bina Nusantara University

Master of Informatics Engineering


Experience
IT & Assistant

PT. BPD Kaltim Kaltara

Lecturer

BRI University

Business Analyst

AMC


My Skills
Design
Programming
Branding
Marketing

My Blog

Stories, Tips, Tech, Life

Work & Business

My Project(s), System and Website Builder Professional, Business Partner and Consulting

My Art

Music Project, Film/Video Making, and Graphics

WHAT CAN I DO

Web Design

Fusce quis volutpat porta, ut tincidunt eros est nec diam erat quis volutpat porta

Responsive Design

Fusce quis volutpat porta, ut tincidunt eros est nec diam erat quis volutpat porta

Graphic Design

Fusce quis volutpat porta, ut tincidunt eros est nec diam erat quis volutpat porta

Clean Code

Fusce quis volutpat porta, ut tincidunt eros est nec diam erat quis volutpat porta

Photographic

Fusce quis volutpat porta, ut tincidunt eros est nec diam erat quis volutpat porta

Unlimited Support

Fusce quis volutpat porta, ut tincidunt eros est nec diam erat quis volutpat porta

My Blog Post

Penulisan Berita bergaya FEATURE (Catatan kaki saya selama Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar [PJTD] LPM PROFESI)

1. Feature juga disebut sebagai karangan khas
2. Berita fakta yang di informasikan melalui media masa
3. Feature adalah sebuah tulisan kreatif yang terutama di rancang guna member info sambil menghibur tentang suatu kejadian, atau aspek kehiduoan seseorang.
4. Feature juga bisa di simpulkan sebuah beritaa yang sarat dengan muatan berita bernuansa human interest
5. Feture membuka sisi emosional manusia
6. Kekuatan dari feature itu sendiri adalah pada kemampuannya untuk memberikan inspirasi atau menggugah emosi para pembaca
7. Ditulis secara kreatif : anda bisa mengeksplorasi berbagai macam kemampuan dalam menulis.
8. Berbeda dengan straight news yang berbahsa kaku, feature memiliki bahasa yang lebih kreatif.
9. Feature member kebebasan anda untuk membuat tulisan yang menarik.
10. Contoh yang banyak menulis bergaya feature adalah National Geographic
11. F memberikan info menarik :
12. Tulisan mencoba menguak memberikan info kepada kita..
13. Menghibur dengan gaya penulisannya selain mendapat informasi yang menarik.
14. Bisa secara subyektif dalam penulisannya.
15. Strukturnya sedikit berbeda dengan Stright news yang bberbentuk piramida terbalik yaitu semakin ke bawah semakin tidak penting.
16. Struktur feature lebih ke persegi panjang yang sama pentingnya.
17. Struktur feature adalah judul, awal, tengah, dan akhir.
18. Awal : lead yang harus di buat smenarik mungkin pilih leaf yang membuat pembaca akan terpancing utnuk membcaa seluruh tulisasn
19. Di bagian akhir biasanya diberikan tulisan yang berkesa n terhentak. Agar terkesan memberi ending yang berkesan,
20. Peranan feature untuk media masa :
Untuk menangkap sebuah peristiwa mmenarik
(menangkap sisi kemanusiaan yang tinggi)

21 Feature juga bisa Untuk memenuhi halaman ketika tidak banyak iiklan dan stok berita lempang tidak ada.


1. Biasanya sdtright news di buat untuk Koran atau berita online
2. Feature ketika kita menemukan berita yang menarik atau unik. Atau memiliki nilai hiuman interest tinggi
Cara mnudah untuk menulis 3 n :
1. NITENI : menandai, memperhatikan (jawa)
2. NIROKE : menirukan
3. NAMBAIN : menambahkan
Lead : teras berita
Bagaimana membuat Lead yang baik
Bagaimana dia menjelaskan inti dari persoalann itu.
Bagaimana dia membuat ending yang menarik untuk ceritanya.
Paragraph pertama, selalu cari bahan yang menarik untuk di ungkapkan. Lead itu ibarat kaail, umpannya Judul.
Biasanya klimaks berita ada terletak di tyengah tengah.

Klimaks bisa di taruh di paragraph akhir, tetapi harus bisa membawa imaji pembaca dari paragraph pertama. Agar terkesan hidup.

Jangan memberikan suatu judgement dalam penulisan berita. (batasan suatu subyektifitas).
Biarkan pembaca yang menilai dari berita tersebut.

Tidak boleh menambahkan sesuatu yang tidak sesuai dengan fakta. Fakta itu suci cuy.

Dalam penulisan berita :

1. Buka mata dan telinga (tulis apa yang kamu liat, ddengar dan rasakan)
2. Bertanya (untuk kelengkapan berita) : bertanyalah keppada orang ahlinya, jangan sembarang bertanya.. bisa sesat di jalan cuy.
3. Verivikasi (menguji fakta)
4. Focus
Saaat mulai menilis berita maka harus ada batasan2 yang jelas agar berita tidak melebar kemana2. Terlalu melebaaaarrr… bung
5. EYD
6. Kiss (yang singkat dan jelas)
7. Kalimat aktif
Dalam menullis berita diperlukan daya dorong kuat dalam tulisan untuk membangun emosi pembaca


Harus banyak menggunakan kalimat aktif untuk menulis berita. Tapi untuk menggambarkan perasaan orang harus menggunakan kalimat pasif.

Seperti : ada anak menelantarkan ibunya = kedengarannya biasa aja kan?
Coba : ada ibu di telantarkan anaknya = tuh? Lebih dramatis kan? Lagian juga sok sok an banget tuh anak. Masih ingusan juga.

Bagian terkecil dari tulisan :
1. Kata
2. Kalimat
3. Paragraph / alinea
4. Tulisan

Efektifnya paragraph terdiri dari 4 sampai 5 kalimat.
Dalam feature, selain menulis uraian, kita juga harus mennyisipkan kutipan kutipan. Agar pembaca tidak bosan dengan tulisan tersebut.
Kutipan itu juga berfungsi untuk pembaca agar mengetahui hal hal yang paling penting dari pernyataan pernyataan dari narasumber.

Start Work With Me

Contact Me
Zulfariansyah
+628998787870
Samarinda, Kalimantan Timur

Powered by Blogger.