Musang LPM PROFESI FTI UII --- yang saya ikuti.. :P

Saturday, February 6, 2010

Musang LPM PROFESI FTI UII --- yang saya ikuti.. :P


Begining

31 January – 2 Februari lalu, LPM Profesi mengadakan Musyawarah Anggota atau yang disingkat Musang. Musyawarah ini sejauh yang saya ikuti membahas tentang program kerja tiap bidang yang telah dilakukan selama satu periode, Membahas Garis Besar Haluan Kerja, pemilihan Pimpinan Umum dan lain sebagainya, baik itu menyangkut Musyawarah Anggota itu sendiri maupun Kepengurusan periode setelahnya. Sidang ini di ikuti oleh mungkin kayanya kira-kira kurang-lebih sekitar 44 orang yang terdiri dari Pengurus dan magang.
Seperti tradisinya, Sidang Musyawarah Anggota biasanya memerlukan waktu 3 hari 2 malam dikurang sekitar 8 jam tidur (pengakumulasian jam tidur selama dua hari) untuk merampungkan Musyawarah secara keseluruhan.
Minggu pagi itu, jam 8an kira-kira, saya di telpon oleh Kabid saya, Achmad Zacky. Saya yang masih belum ngumpul nyawanya, begitu liat jam langsung syock bahwa ini sudah lewat setengah jam dari waktu yang telah di sepakati. Saya langsung bangunin mas Toni, kayanya sih dia udah rada bangun. Aku langsung cuci muka, begitu pake Baju, rekan rekan saya, Mas Beben, Pak Zacky, ma Mba Rona uda Stan Bay depan kos dengan setia menunggu saya. Setelah siap semua (meskipun saya yang paling lama prepare nya) kita langsung meluncur ke tempat Akhyar. Staff RGF satu lagi. Setelah itu, langsung go ke TKP.
Di tengah perjalanan, ban pak Zacky bocor, sehingga saya dan Tony membantu beliau ngantar ke tempat tambal ban. Si Mas Beben udah ngeloyor duluan sama mba Rona. Jadi ya udah..
Setelah selesai, kami melanjutkan perjalanan ke TKP, setelah nyasar-nyasar ke berbagai tempat yang belum terjamah oleh kita, akhirnya kami sampai juga ke Gedung Pemuda dan Olahraga.
Ternyata kami telat. Dan kami langsung masuk ke ruang sidang yang waktu itu di buka oleh Pimpinan umum LPM Profesi 2008-2010, Pak Fathul Yasir Fuadi.

SIDANG PLENO 1
Sidang di mulai dengan pembacaan basalamah (eh..itu mah nama anak inf 07)… maksud saya basmalah.
Bismillahirrahmaanirrahiim….
Dilanjutkan dengan pembahasan tentang tata tertib Musyawarah Anggota (Sidang Pleno 1) yang di sampaikan oleh tim BP. Di forum pertama ini pun sudah banyak yang mengajukan pendapat-pendapat mereka tentang ketidak-setujuan atau memperbaki tata tertib yang terbagi di atas meja mereka. Dan kelihatan sekali kalau nantinya yang bicara juga anak-anak itu itu juga. Wkwkwwkk.

SIDANG PLENO 2
Di Sidang Pleno dua, Pimpinan Sidang terpilih adalah Semiaji Galih (kalo gag salah), Meki (kalo gag salah), dan Udin (Nah yang ini udah pasti salah… soalnya gag tau namanya..hehehe). Sidang Pleno dua ini ngebahas tentang Laporan Program Kerja (LPJ) tiap bidang. Dari Sekretaris Umum, ampe Rancang Grafis dan Fotografi (RGF).
LPJ yang menurut saya paling sempurna adalah punyanya Bendahara Umum (bendum) yang di sajikan oleh bendum Baytiomo Mawarto S.Kom (kemaren sudah di sahkan hari minggu), dan wabendum Rani Widiastuti. Bidang yang paling menarik LPJ nya adalah bidang Penelitian dan Pengembangan. Dari tahun kemaren, (nggak tau juga sih tahun tahun sebelumnya) bidang ini yang paling banyak makan waktu kalo Musang. Entah karena program kerja yang banyak, atau karena waktu yang kurang memungkinkan, hingga tak bisa di kerjakan tepat waktu, atau bagaimana kurang ngerti juga. Yang paling saya denger adalah waktu membahas tentang Team Building yang udah dua periode kepengurusan juga gagal (atau malah mungkin tahun-tahun sebelumnya juga ya?). Padahal, ngakunya anak litbang, mereka persiapannya sudah Oke, ampe survey ke berbagai tempat dan SAYA GAG DI AJAK *emosi*. teruss lupa alasannya kenapa hingga ga jadi , soalnya saya udah nggak terlalu nyimak gara-gara ngantuk dan kebanyakan maen PS. Pembahasan LPJ Litbang, memakan waktu empat jam setengah (kalo gag salah lagi) dan setelahnya, kami tidur bersama di dalam kamar yang lebih mirip bangsal ketimbang wisma. Huehehehehe.
Saya juga semakin berpikir hebat banget sih anak-anak magang ini nyari tempat ampe nemu yang nan jauh di mato ini. Periode sebelumnya, musang di adakan di daerah kaliurang atas. Dan tahun ini, di adakan di bawah. Bawaaaah sekali bahkan.
Besoknya, sidang Pleno dua dilanjutkan. Pustaka data, Sirkulasi dan Usaha, hingga Rancang Grafis dan Fotografi (RGF). Dari cerita-cerita mas Tony dan beberapa temen-temen Profesi yang lain, LPJ dari RGF adalah yang paling santai. Tapi ternyata yang saya hadapi nggak santai santai bener. Pak BeGank, Sekretaris Umum Profesi yang dulu nya Kabid (kepala bidang) RGF, sempat minta dokumentasi bukti layout dalam bentuk softcopy. Suara pak BeGank ternyata mendapat suhu yang baik dari Kabid Litbang yang berpendapat sama. Entah karena motif balas dendam yang kemaren malamnya dia juga ditagih suatu bentu bukti oleh kabid RGF (Pak Zacky), atau karena motif lain. Dan jawaban dari Pak Zacky benar-benar langsung dan di luar dugaan. Beliau menjawab kalau kami tidak ada keharusan untuk menyimpan bukti layout tersebut karena tidak ada di dalam program kerja RGF. Mendengar jawaban ini, terlihat kalau bapak Pimpinan Umum, Pak Fathul Yasir Fuadi yang dulunya juga adalah orang RGF, kecewa sekali mendengarnya yang kebetulan saat itu duduk paling kiri―mendampingi tiap bidang yang maju. Tapi akhirnya pak Zacky bisa mempertunjukkan bukti layout kami *walaupun hanya satu*. Dan setelah itu tidak ada pertanyaan lain. Pembacaan Proker selesai, siding pleno dua di tutup.

SIDANG PLENO 3
Setelah sidang pleno dua di tutup, siding pleno tiga dimulai dengan jeda yang tidak begitu lama. Sidang pleno tiga membahas tentang Garis Besar Haluan Kerja (GBHK). Saya tidak begitu mengikuti ini. Saya maen PS, dan sempat belajar sedikit maen Rubik sama mas Beben. dan sama seperti sidang sebelumnya sidang ini sampai jam tiga subuh sehingga membutuhkan pending untuk tidur. Yang paling menyita perhatian saya adalah saat pak Zacky mengusulkan agar tim RGF masuk ke dalam pengurus inti yang sekurang-kurangnya. Beliau berpendapat berita itu adalah satu kesatuan antara tulisan dan layout. Namun usulan ini di sanggah oleh Kabid Litbang lagi―seorang berbadan makmur bernama Harid Novriando. Bang Harid berpendapat kalau RGF dimasukkan, kenapa bidang laen gag sekalian? Dan akhirnya, usulan ini di tolak. Namun usulan ini mendapat apresiasi yang bagus sekali dari Pak Yasir Alkaf a.k.a Fathul Yasir Fuadi alias Pimpinan Umum yang juga dulu staff RGF, dan pak BeGank yang dulu nya Kabid RGF. Entah salut karena semangat pak Zacky, atau salut karena memperjuangkan nama RGF, atau karena apa. Saya nggak tahu. Tapi yang jelas, Pak Yasir Alkaf sampai update status twitter untuk menyampaikan rasa salutnya.
Hal lain yang menarik di Pleno tiga adalah penghapusan bidang dan penambahan bidang. Dan lagi lagi yang menyanggah adalah pak Zacky yang berpendapat kalau Penelitian itu nggak ada gunanya. Setelah berdebat sana-sini, mungkin pengaplikasian kerja yang tidak singkron dengan nama bidang, jadi Litbang (penelitian dan pengembangan) di hapuskan. Dan nggak tahu diganti atau apa, ada bidang baru yang menaungi kerja Litbang sebelumnya yaitu PSDM (yang artinya kalau nggak salah Pemberdayaan Sumber Daya Manusia*kalau salah ya maap) dan penambahan bidang lain yang menangani urusan litbang secara external adalah Jaringan Kerja atau Jangker (anak-anak lebih milih buat nyingkat sebagai Jaker. Menurutku, singkatan itu bikin dahak di pangkal amandel ku).


SIDANG PLENO 4

Selebihnya yang kutau nggak ada lagi, selain sidang Pleno Tiga ditutup. Dan sidang Pleno empat di buka. Sidang terakhir ini memilih calon mandataris yang nantinya akan di lantik sebagai pimpinan umum. Ada empat calon yang masuk nominasi. Yaitu Pak Musmulyadi a.k.a BeGank, Pak Achmad Zacky, Mba Rani Widyastuti, Mas Cahya Adi, dan Pak Septa a.k.a Ncep. Mereka semua adalah orang yang memiliki sedikitnya tiga suara dari orang-orang yang memenuhi syarat untuk menjadi calon mandataris.
Yang duduk di kursi panas pertama adalah saudara BeGank. tahun ini adalah ke tiga kalinya dimana dia duduk di kursi panas. Namun beliau menolak karena mempunyai alas an di bidang akademik.
Setelah itu, yang kedua adalah Pak Zacky. Sama seperti Pak BeGank, beliau mengungkapkan kalau tahun ini beliau akan serius di bidang akademik sehingga dia menolak tawaran menjadi seorang pimpinan umum. Dan menurut nya hubungan dia dan Profesi cukup sampai disini, karena selanjutnya yang muda-mudalah yang meneruskan. Namun alasan pak Zacky ini menimbulkan banyak sanggahan yang kurang setuju dengan alasan itu. Setelah berdesak sana-sini dengan menjual nama Pak PU lama yang berhasil menyandang nama PU dan juga berhasil menuntaskan kuliahnya disaat bersamaan. Hal ini membuat alasan pak Zacky melemah, dan beliau mengaku sudah tidak ada pembelaan lagi. Namun beliau tetap kukuh pada pendiriannya dan menegaskan kalau dia tidak ingin menjadi PU.
Yang ketiga kalau nggak salah adalah Mba Rani. Dengan kebijaksanaan dan kedewasaan yang dia miliki, Tidak perlu waktu yang cukup lama untuk dia mengambil keputusan menjadi PU.
Selanjutnya yang menduduki kursi panas adalah Mas Cahya Adi. Sangat lama meng’eksekusi’nya. Dia juga tidak mau menjadi Pimpinan Umum. Lebih dari satu jam kayanya hanya untuk mendesak dia agar mau bersedia menjadi calon Pimpinan Umum. Namun dia juga tetap tidak beranjak dari keputusannya. Dia pikir, dia masih belum mau untuk menduduki jabatan itu. Keputusannya ini membuat pak PU kecewa.
Setelah itu break sholat magrib. Setelah sholat magrib, kandidat selanjutnya yang di eksekusi adalah pak Septa “Ncep”. Saya nggak ngikutin ini, karena saya keluar mencari udara segar… dan Makan :p
Begitu saya sampai, ternyata sudah pemilihan antara Mba Rani (karena Cuma beliau yang bersedia menjadi PU) melawan kotak kosong. Sesuai kesepakatan pada sidang pleno pertama, kalau kandidat tunggal yang terpilih maka harus melawan kotak kosong. Akhirnya mba Rani lah yang keluar terpilih secara resmi menjadi mandataris.
Selamat kepada Ibu Rani Widyastuti, untuk terpilihnya sebagai Pimpinan Umum Lembaga Pers Mahasiswa PROFESI Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia. Mari kita panggil beliau bu Rani.
Untuk yang sudah alumni dan yang keluar-keluar, mohon doa serta bimbingannya agar kami dapat melanjutkan perjuangan kalian sebagai kuli tinta dibawah naungan bendera besar LPM PROFESI FTI UII.
Sekian dari saya, maaf kalau ada salah-salah kata.
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Tanggapan :

18 comments :

  1. wahhh . . . .
    mantapp . . .
    sayang bgt aq nga ikut zear . . .
    huhuhu . . .

    ReplyDelete
  2. ia yah?? kamu kemana aja dit? si neno juga gag dateng tuh

    ReplyDelete
  3. hahah lucu oom...
    tadii akuu mau kritik pas baca di awal, tapi lupaa ini...
    capee banget pastinyaa..
    hiihii

    ReplyDelete
  4. Wah, nama q gag ada...
    gpp deh..

    keep Blogging...!!!!

    ReplyDelete
  5. Iya nar...ini kan cerita sekaligus meliput...hahahaha

    ReplyDelete
  6. Bukannya gitu lang...sperti yang ku bilang tadi...ini meliput...hehehehe...sambil bermain...wkwkwkwk

    ReplyDelete
  7. hmm,,panitia magang g disinggung yahhh :b

    ReplyDelete
  8. terima kasih mz, karena menulis nama lengkap saya, dan menjadikan lpj bendum sebagai yang sempurna
    sebagai hadiah, blog anda akan saya pasang linknya diblogku

    ReplyDelete
  9. @meita : ah iya yah...lupa aku..ntar lah..kalau kalian udah dilantik..hihihihi

    ReplyDelete
  10. @pak jaki : yoiyoi...thanks pak

    ReplyDelete
  11. @pak baykun : asiiiiiik.... tengkyu pak...heheheheh....

    ReplyDelete
  12. wah...
    nama pimsid yang ketiga bener2 ngarang nih... :p

    ReplyDelete
  13. tulisan yg bagus..
    **basabasi banget

    terimakasih jga ada nama saya di situ, lengkap pula. sayangnya g disertai link.. hoho..

    ReplyDelete
  14. @salifa : kan udah saya bilang kalau itu saya lupa namanya....hehehehehe

    ReplyDelete
  15. @pak PU : makasih...wehehehe...tadi waktu pertama nulis mau kaya gitu, tapi ntar lah... tunggu saya udah dapet gambarnya semua... :D

    ReplyDelete
  16. oke.. tulisanmu yg ini juga sudah ak link-kan ke tulisanku yg wisuda as your request
    hahahaha..

    ttg tulisanku ttg Profesi.. mm tunggu bntar lah insya allah bakalan dahsyat

    ReplyDelete
  17. walopun diem2 gtu trnyata menyimpan sejuta cerita untuk dituangkan di tulisan yah..

    wah,kalah ni aq.. :)

    sukses bwd ke dpn

    ReplyDelete